No More Galau Penempatan

Baca status senior hari ini:
mungkin butuh konsul ke dokter mata , biar bisa cepet dapet mata pencaharian baru.

Fiuhh.. Another senior' sarcastic status. Saya sedikit prihatin dengan kegalauan kakak-kakak kelas tidak kunjung ditempatkan. Dari curhatan seorang kakak kelas, yang bisa saya terima, sebenarnya mereka bisa saja menandatangani kontrak di perusahaan lain. Hanya saja, karena mereka juga terikat dengan ikatan dinas yang mau tidak mau siap kapanpun dipanggil untuk penempatan, ya mereka tidak bisa menandatangani sembarang kontrak. Paling banter ya magang saja.


Sebagai mahasiswa tingkat akhir, pantaslah ya kalau kita ikut galau penempatan. Tapi kita kan sudah diajari untuk berdoa. Saatnya kita aktifkan senjata kita! toreet toreet...!



رَّبِّ أَنزِلْنِي مُنزَلًا مُّبَارَكًا وَأَنتَ خَيْرُ الْمُنزِلِينَ
"Ya Tuhanku, tempatkanlah aku pada tempat yang dibarokahi, dan Engkau adalah Sebaik-baik yang memberi tempat."

Saya pertama kali kenal doa ini sebenarnya dari Mas Jarot dua tahun yang lalu, ketika saya masih tingkat satu. Waktu itu beliau mengisi nasihat ba’da maghrib di mesjid. Beliau bilang itu doa yang bagus buat penempatan.
Sayangnya waktu itu saya nggak terlalu hapal, hanya menangkap kalimat “robbi anzilni” saja. Dan karena waktu itu mikirnyasaya masih tingkat satu, akhirnya dengan mudah saya melupakannya, ck ck ck, parah nian.
Barulah malam minggu kemarin (23/02/13), saya mendengar doa itu lagi. Kali ini dari Mas Andre, guru pondok saya. Beliau menyemangati kami untuk rajin-rajin berdoa dengan kalimat ini, iya dong secara sebentar lagi kami akan lulus dan siap ditempatkan “di mana saja di seluruh Indonesia.” Waktu itu beliau dilupakan kalimat doa ini ada di mana. Tapi beliau bilang ini ada di buku doa kecil, dan di Alquran juga ada. Beliau juga memberi semacam clue kalau doa tersebut adalah doanya nabi Nuh.
Berbekal the power of kepepet *tsaah dan sebagai persiapan menghadapi penempatan, akhirnya saya cari doa itu di buku doa kecil, tapi nggak ketemu juga. Saya pun mencarinya di Alquran,  berbekal kata-kata “robbi anzilni” dan cerita tentang nabi nuh. Alhamdulillah, akhirnya ketemu, yeaay! Ternyata doa itu ada di Alquran surat Al-Mu’minun ayat 29. Horee... *telat banget, hihihi. Nggak papa deh, yang penting penempatan terbarokah. :D

Teman-teman, semoga kita mendapat penempatan yang sesuai keinginan dan Allah paring barokah. Aamiin

    • Popular
    • Categories
    • Archives